Tickle Therapy

Bagi sebagian orang, tertawa bisa menjadi obat mujarab untuk meredakan stres. Sayangnya tidak semua orang bisa tertawa sewaktu-waktu, sehingga ada layanan unik di sebuah spa yakni menggelitik pasien dengan jari agar bisa tertawa.
Tidak seperti spa pada umumnya, spa Cosquillarte yang terletak di kota Madrid tidak melayani facial maupun menicure dan pedicure. Sebaliknya spa yang namanya berarti seni menggelitik ini hanya melayani pasien yang ingin tertawa dengan cara digelitik sampai geli.
Banyak cara yang dilakukan para terapis di spa ini, mulai dengan menggunakan jari-jarinya hingga meraba bagian sensitif dengan bulu-bulu. Terapi yang disebut Tickle Therapy ini diklaim bisa meredakan stres, yang pada akhirnya bisa mengatasi berbagai gangguan kesehatan.


Harga yang harus dibayar jika ingin digelitik ditentukan berdasarkan lamanya waktu terapi. Untuk sesi pendek berdurasi 30 menit, harganya mencapai 25 euro atau sekitar Rp 300 ribu, sedangkan untuk 60 menit jatuhnya lebih murah yakni 45 euro atau Rp 540 ribu.
Meski pada dasarnya ide ini cukup masuk akal, membuat orang tertawa dengan cara menggelitik dinilai tidak akan menjadikannya lebih rileks. Dengan pertimbangan inilah, teknik pijat tradisional mengajarkan agar para terapis selalu memijit pasien tanpa membuatnya merasa geli.


“Saat digelitik, tekanan darah serta denyut jantung meningkat karena orang itu tertawa dalam kondisi terpaksa meski kelihatannya senang,” ungkap Robert R Provine, ahli saraf dari University of Maryland seperti dikutip dari MSNBC,
Namun Provine mengakui jika menggelitik adalah salah satu bentuk komunikasi yang bisa mendekatkan seseorang dengan orang yang digelitiknya. Contohnya pada bayi yang belum bisa bicara, ibu-ibu bisa menjalin komunikasi dengan bayinya lalu tertawa bersama dengan cara menggelitiknya.
Karena itu meski tekanan darah meningkat dan secara teknis tidak bisa dikatakan rileks, orang yang digelitik bisa merasakan kedekatan dengan yang menggelitiknya. Dalam banyak kondisi, kedekatan seperti ini membuat orang merasa lebih nyaman sehingga paling tidak secara psikologis jadi lebih sehat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s