Sejarah SPA

SPA berasal dari bahasa latin : Sante Par Aqua atau Solus per Aqua. Keduanya memiliki arti yang sama, yaitu : Sehat Melalui Air. Air digunakan karena dipercaya mampu memberikan efek penyegaran pada badan yang letih bahkan dapat membawa kesembuhan. Contohnya adalah tempat pemandian air panas yang mendapat efek panas dari belerang.Tapi istilah ‘SPA’ sering dikaitkan dengan kata ‘SPAU’ yang merupakan nama sebuah desa di dekat Liegi, Belgia. Di daerah itu terdapat sebuah sumber air mineral yang dapat menyembuhkan berbagai masalah kulit. Sebagai suatu metode pengobatan kuno, penobatan Spa telah di kenal sejak jaman mesir kuno. Penggunaan Spa sebagai sarana pengobatan telah tercantum dalam suatu keputusan medis pada tahu 1500 SM dengan judul Rig Veda yang berarti ” Perawatan air untuk penyembuhan demam“. dalam dunia kedokteran, “Hipokrates” sebagai bapak kedokteran moderen telah mengunakan Spa secara luas untuk pengobatan sejak tahun 400 SM. Ia juga menjelaskan secara luas indikasi dan kontra-indikasi perawatan dengan air. perinsip-perinsip dasar yang di uraikan hipokrates ini menjadi titik tolak munculnya Spa Medic (Terapi air).

Pada tahun 1571 ketika William Slingsby menemukan bahwa efek obat dari musim semi yg mengandung besi di Yorkshire. Ia kemudian membuat ruang tertutup dari mata air yg mengandung besi,yang ia sebut “Harrogate”.Ini dianggap sebagai resor Spa pertama di Inggris yang memanfaatkan pengobatan air.Praktek  sumber air panas atau dingin dimulai pada zaman kuno prasejarah dengan harapan untuk menemukan obat untuk beberapa penyakit. Ketika arkeolog menemukan sumber air panas di Prancis dan Cekoslovakia yang mengungkapkan persembahan dan persenjataan di zaman Perunggu. Di Inggris, legenda kuno dimulai jaman raja Celtic karena penemuan sumber air panas di Bath,Inggris.

Di jaman moderen perawatan Spa Medic di mulai pada abad 17 (1697 ), di perkenalkan oleh Sir John Floyer dalam tulisan yang berjudul The Hisrory of Cold Bathing. Mengikuti cara floyer yang mempunyai dasar ilmiah klinis kuat mengenai penggunaan air sebagai upaya penyembuhanmaka di daratan eropa muncul ahli baik medis maupun non medis yang berkecimpung dalam dunia Spa, di antaranya adalah Priessnitz, Rausse dan father Kneipp mereka sangat populer dalam menggunakan Spa sebagai metode pengobatan sampai abad 19

Selama abad ke 18 hingga abad 19, mandi menjadi lebih umum karena dokter menyarankan   manfaat yang dapat diberikan untuk kebersihan.

Pada pertengahan abad 19,spa Eropa yang memulai konsep mandi selain minum obat spa dari air mancur,rumah mandi di era Romawi dihidupkan kembali.Di Inggris Spa  mulai dengan struktur yang mencakup fungsi minum dari air mancur. Ada banyak cara mandi di abad 19. Termasuk merendam dalam air panas,mandi uap,air minum panas dan bersantai di ruangan yang sejuk. Dengan demikian, pada awal abad 20, Spa Eropa memiliki metode campuran diet ketat dengan olahraga. Ini diatur sebagai prosedur mandi yang akan memberikan banyak manfaat bagi pasien. Karena popularitasnya, manfaat yang diperoleh dari Spa mencapai Amerika Serikat, di mana,beberapa praktisi medis menemukan bahwa air panas resor seperti Hot Springs di Virginia,dan di Saratoga Springs, New York,tidak begitu bermanfaat bagi kesehatan dibandingkan dengan menggunakan air panas biasa

Namun seiring dengan perkembangan zaman, Spa berkembang menjadi suatu tempat Kecantikan, Perawatan tubuh, Kesehatan, kebugaran dan kenyamanan. Spa sendiri merupakan suatu rangkaian perawan yang terdiri terapi pijak seluruh badan atau Body Massage, lulur atau Body Scrub, Masker pemutih, terapi music, aromatherapy, mandi susu atau mandi aromatherapy. Proses Spa biasanya memakan waktu satu setengah sape dua jam, mulai dari urut hingga lulur kemudia mandi atau berendam dengan menggunakan rempah-rempah yang menyegarkan tubuh. manfaat Spa sendiri banyak sekali di antaranya menghaluskan serta mengencangkan kulit, memutihkan dan memberi nutrisi pada kulit, mengendorkan ketegangan pada otot, detoksifikasi tubuh. Disamping itu juga Spa dappat meningkatkan sistem kekebalan pada tubuh, menghilangkan kecemasan, kemarahan dan depresi, mencegah alergi, tanda-tanda diabetes. selanjutnya migran dan asma, menurunkan tekanan darah tinggi dan hipertensi, mengurangi insomnia, stres dan kelelahan, mengembalikan keseimbangan alami tubuh, mencapai kebahagiaan, percaya diri dan kreatifitas serta memperlambat proses penuaan. Melakukan perawatan tubuh sebaiknya satu atau dua kali dalam sebulan. setelah melakukan perawatan kita akan percaya diridan siap lagi menghadapi aktivitas ruti berikutnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s