Mengenal V-SPA

V-SPA adalah suatu bentuk perawatan tubuh yang memfokuskan ke organ intim wanita yang mencakup perawatan luar dan dalam. V-spa juga merupakan bentuk perkembangan dari perawatan ratus pada tradisi Jawa yang sudah dilakukan sejak zaman nenek moyang.

Sebenarnya perawatan ini sudah ada sejak jaman Majapahit. Hanya saja, perawatan untuk bagian ini masih dianggap tabu dan seolah ditutup-tutupi karena dirasa tidak sopan bila digembar-gemborkan, ini adalah rangkaian perawatan holistik (menyeluruh) yang mencakup pemulihan keseimbangan mind, body, dan soul (spirit).

Tahapan perawatan V-spa ini terdiri dari pertama-tama vagina dibersihkan, ditotok, di-massage, di-scrub atau dimasker lalu kemudian di-steam atau diasap. Penguapan atau pengasapan bermanfaat mencegah dan mengurangi keputihan, menghilangkan bau badan dan bau tak sedap dari organ intim. Perawatannya dengan menggunakan antibiotik, tapi tetap menjaga keseimbangan pH di dalam vagina. Beda dengan ratus emvon, yang perawatannya hanya dengan di-steam atau diasap. Manfaatnya kurang lebih sama, agar vagina wangi dan mengurangi keputihan.
Perawatannya

Sebelum melakukan perawatan V-spa ini idealnya dilakukan konsultasi kesehatan terlebih dahulu. Konsultasi dengan ahli ini penting dilakukan untuk mengetahui kondisi si pasien, apakah mengidap salah satu penyakit atau keluhan tertentu yang berkaitan dengan organ intim. Pemeriksaan ini biasanya dilakukan oleh seorang dokter spesialis

Setelah konsultasi kesehatan, berikut tahapan perawatan V-spa :
1. Vulva Hygiene

Sebelum terapi dijalankan, kebersihan bagian intim menjadi fokus yang pertama. Perawatan dimulai dengan membersihkan vulva vagina dari kotoran dengan air hangat yang mengandung herbal wash dan minyak aromatik.

2. V-Scrubbing
Selanjutnya daerah sekitar organ intim seperti lipatan paha, area perut dan pantat serta daerah yang kulitnya cenderung lebih gelap seperti daerah ketiak an payudara, digosok dengan scrub berbahan rempah semisal cendana, akar wangi dan mawar. Scrub ini bermanfaat untuk mengangkat sel kulit mati, mencerahkan dan menghaluskan kulit.

3. V-energy Massage

Biar tubuh rileks, peredaran darah lancar, stamina tubuh dan vagina meningkat, perawatan dilanjutkan dengan pijat terapi aroma. Pemijatan dengan teknik bioenergi ini dilakukan pada seluruh, terutama otot-otot dasar panggul.

4. Aromatheraphy atau Guci Bathing
Selesai pijat, dilanjutkan berendam dalam bak mandi yang bentuknya mirip guci besar berisi air hangat yang ditetesi minyak esensial. Ini bermanfaat untuk melenturkan sekaligus menguatkan kembali otot-otot dasar panggul.

5. V-Steam penguapan, V-Compress dan V-Fogging (pengasapan)

Ketiga rangkaian langkah ini dilakukan untuk memperlancar aliran darah sekitar vagina dan meluruhkan lendir berlebih dari vagina. Beberapa ramuan herbal dan minyak esensial digunakan untuk keperluan ini. Kompres vagina ini berfungsi untuk antiinfeksi dan mengurangi peradangan atau nyeri.
V-Fogging atau pengasapan pada vagina dilakukan dengan ramuan antara lain kulit jeruk purut, cendana, dan sirih. Tujuannya? Menyeimbangkan kelembaban, sebagai antiseptik, dan peningkat gairah seksual.

6. Perawatan dari dalam
Sebagai perawatan dari dalam, disediakan ramuan alami seperti jamu kunyit asem campur daun sirih.

Bagi yang mau menikah, sebaiknya menjalankan perawatan ini sebulan sebelum pernikahan dilangsungkan. Sedangkan untuk yang belum menikah, terapi ini selayaknya dilakukan dua kali sebulan.

Manfaat Perawatan V-spa :
1. Peredaran darah lebih lancar.
2. Mengurangi keputihan.
3. Membantu membersihkan daerah intim agar segar dan wangi.
4. Baik untuk membersihkan tubuh wanita dan menjaga kesehatan daerah intim wanita sehabis melahirkan maupun setelah datang bulan.
5. Untuk yang sudah menikah, mengencangkan daerah intim wanita sehingga meningkatkan kualitas hubungan seksual.


Tips melakukan perawatan V-spa :

1. Tidak sedang datang bulan (menstruasi).
2. Usia 20 tahun ke atas, maksimal 60 tahun.
3. Tidak menderita Penyakit kelamin

Cara Pemakaian V RATUS:

Tuangkan ratus diatas mangkuk/bowl pembakar, bakar dengan solid arang guna mendapatkan asap ratus. Berdiri diatas bowl yang berasap dengan memakai kain penutup. Pengasapan diarahkan pada organ kewanitaan kita.

Proses penguapan juga bisa didapatkan dengan menggunakan air panas. Masukkan ratus ke dalam air panas yang sudah diwadahkan pada ember/penampung lain. Berdiri dengan memakai kain penutup dengan tujuan uap mengarah pada organ kewanitaan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s